Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
1.1 terbiasa membaca Al-Qur’ān dengan Meyakini bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana adalah perintah agama
2.1 menunjukkan perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis terkait
3.1 memahami Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana
4.1.1 membaca Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan tartil.
4.1.2 menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqān/25:63, Q.S. al-Isrā’/17:26-27 serta Hadis terkait dengan lancar.
4.1.3 menyajikan keterkaitan rendah hati, hemat, dan hidup sederhana dengan pesan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27
| Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17:26-27 dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana | Menyimak bacaan Q.S. al-Furqān/25:63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27
Mencermati artiQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27
Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan mad
Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan
Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan mad
Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafal yang mengandung hukum bacaan mad di dalam mushaf al-Qur’an
Diskusi menyusun arti kataQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 menjadi terjemah secara utuh.
Secara berpasangan membaca dan menghafalkan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27
Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan mad
Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan
Mengidentifikasi dan mengklasifikasi lafal yang mengandung hukum bacaan madyang terdapat pada Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27
Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27
Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27
Menanggapi paparan maknaQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhanan dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan makna Q.S. al-Furqan/ 25: 63 dan al-Isra’/ 17:27 serta hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana.
Tugas mencari dan mengklasifikasi hukum bacaan mad.
Keterampilan
Praktik hafalan Q.S. al- Q.S. al-Furqan/ 25: 63 dan al-Isra’/ 17:27 .
Praktik memaparkan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. al-Furqan/ 25: 63 dan al-Isra’/ 17:27 .
Proyek/produk paparan makna Q.S. al-Furqan/ 25: 63 dan al-Isra’/ 17: 27 .
Portofolio
|
1.2 terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah memerintahkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi
2.2 terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait.
3.2 memahami Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari.
4.2. membaca Q.S. an-Nahl/16: 114 serta Hadis terkait dengan tartil.
4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. an-Nahl/ 16: 114 serta Hadis terkait
4.2.3 menyajikan keterkaitan mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari dengan pesan Q.S. an-Nahl/ 16: 114
| Q.S. an-Nahl/16:114dan Hadis terkait tentang perilaku perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi | Mencermati bacaan Q.S. an-Nahl/16:114
Menyimak Q.S. an-Nahl/16: 114 serta Hadis tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi
Menyimak penjelasan tentang hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan ra
Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan
Mengajukan pertanyaan mengenai hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan ra
Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan ra di dalam mushaf al-Qur’an
Diskusi menyusun arti kataQ.S. an-Nahl/ 16: 114. menjadi terjemah secara utuh
Secara berpasangan membaca dan menghafalkanQ.S. an-Nahl/ 16: 114
Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafaz yang mengandung bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan ra
Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penerjemahan.
Mengidentifikasi dan mengklasifikasi lafal yang mengandung hukum bacaan mim sukun yang terdapat pada Q.S. an-Nahl/ 16: 114
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. an-Nahl/ 16: 114
Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan radalam Q.S. an-Nahl/16: 114
Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi makna Q.S. an-Nahl/ 16: 114
Menanggapi paparan maknaQ.S. an-Nahl/ 16: 114
Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru
| Sikap
Observasi sikapdalam menghargai, menghayati, dan meyakini bahwa Allah memerintahkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dengan lembar observasi.
Observasi sikapkebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait dengan lembar observasi.
Penilaian diridalam perilaku-perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam perilaku-perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan makna Q.S. an-Nahl/16: 114 serta Hadis terkait dengan tartil.
Tugas menulis Q.S. an-Nahl/ 16: 114 serta Hadis terkait
Keterampilan
Praktik membaca Q.S. an-Nahl/16: 114 serta Hadis terkait dengan tartil
Praktik memaparkan keterkaitan mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari dengan pesan Q.S. an-Nahl/ 16: 114
Portofolio
|
1.3 beriman kepada kitab-kitab suci yang diturunkan Allah Swt.
2.3 menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.3 memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
4.3 menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
| Iman Kepada Kitab-kitab Allah | Mengamati dan mencermati gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah
Menyimak dan membaca penjelasan iman kepada kitab-kitab Allah
Membaca dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah beserta artinya
Siswa mengajukan pertanyaan mengenai perbedaan/persamaan kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para nabi dan rasul-Nya.
Menggali pengetahuan tentang kitab-kitab Allah melalui berbagai media yang ada
Mencari dan menelaah dalil naqli tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-Qur’an
Mengumpulkan informasi dari media mengenai bukti-bukti yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah
Mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab-kitab Allah
Menghubungkan makna dalil naqli tentang kitab-kitab Allah dengan buktibukti yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah
Merumuskan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah
Menyajikan paparan makna dalil naqli tentang kitab-kitab Allah disertai bukti-bukti lain yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah mulai Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur’an
Memaparkan rumusan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan makna beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Keterampilan
Proyek/produk paparan dalil naqli tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Portofolio
|
1.4 beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
2.4 menunjukkan perilaku amanah sebagai implementasi iman kepada Rasul Allah Swt.
3.4 memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt.
4.4 menyajikan dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah Swt.
| Iman kepada Nabi dan Rasul | Membaca dan mencermati teks bacaan tentang materi iman kepada nabi dan rasul
Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada nabi dan rasul
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada nabi dan rasul
Mencermati dalil naqli tentang nabi dan rasul sebagai utusan Allah Swt.
Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang iman kepada nabi dan rasul
Mengajukan pertanyaan fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi
Menggali informasi sejarah perjuangan dan ajaran para nabi dan rasul melalui berbagai sumber
Secara berkelompok mendiskusikan tugas para nabi dan rasul
Secara berkelompok mendiskusikan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi
Menghubungkan sejarah perjuangan dan ajaran antara satu nabi dengan nabi yang lainnya
Merumuskan tugas para nabi dan rasul serta perubahan yang dialami oleh umatnya
Menyimpulkan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi
Menyajikan paparan mengenai hubungan sejarah perjuangan dan ajaran antara satu nabi dengan nabi yang lainnya
Memaparkan rumusan tugas para nabi dan rasul serta perubahan yang dialami oleh umatnya
Memaparkan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku amanah sebagai implementasi iman kepada Rasul Allah Swt. dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku amanah sebagai implementasi iman kepada Rasul Allah Swt. dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku amanah sebagai implementasi iman kepada Rasul Allah Swt. dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan makna beriman kepada Rasul Allah Swt.
Tugas mencari informasi sejarah perjuangan dan ajaran para nabi dan rasul melalui berbagai sumber
Keterampilan
Praktik penerapan perilaku amanah sebagai implementasi iman kepada Rasul Allah Swt.
Proyek/produk paparan dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah Swt
Portofolio
|
1.5 meyakini bahwa minuman keras, judi, dan pertengkaran adalah dilarang oleh Allah Swt.
2.5 menunjukkan perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari.
3.5 memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.
4.5 menyajikan dampak bahaya mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.
| Bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
Membaca Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait beserta artinya
Mengajukan pertanyaan tentang bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaranatau pertanyaan lain yang relevan dan aktual
Mendiskusikan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait
Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber
Merumuskan makna Q.S. al-Māidah/5:90–91 dan 32 serta Hadis terkait
Menghubungkan bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dengan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait
Menyajikan rumusan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta hadis terkait
Memaparkan hubungan antara bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dengan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait
Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan
Menyusun kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang minuman keras, judi, dan pertengkaran adalah dilarang oleh Allah Swt. dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
Tugas merumuskan makna Q.S. al-Māidah/5:90–91 dan 32 serta Hadis terkait
Keterampilan
Praktik penerapan perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari
Proyek/produk paparan tentang dampak bahaya mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
Portofolio
|
1.6 meyakini bahwa perilaku jujur dan adil adalah ajaran pokok agama
2.6 menunjukkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari
3.6 memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adil
4.6 menyajikan cara menerapkan perilaku jujur dan adil
| Jujur dan adil | Jujur dan adil Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur dan adil
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur dan adil
Membaca Q.S.al-Māidah/5: 8 dan Hadis terkait
Mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan jujur dan adil
Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur dan adil atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual
Mendiskusikan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait
Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujurdan adil dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber
Mencari data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur dan adil
Merumuskan makna Q.S.al-Māidah /5:8 dan Hadis terkait
Menghubungkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait
Menghubungkan perilaku jujur dan adil dengan kesuksesan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.
Memaparkan makna Q.S.al-Māidah /5:8 dan Hadis terkait
Memaparkan hubungan antara jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait
Memaparkan hubungan perilaku jujur dan adil dengan kesuksesan seseorang dalam kehidupan sehari-hari
Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan
Menyusun kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku jujur dan adil adalah ajaran pokok agama dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat dan memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adil
Tugas mencari data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur dan adil
Keterampilan
Praktik penerapan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari
Proyek/produk paparan tentang cara menerapkan perilaku jujur dan adil
Portofolio
|
1.7 menghayati ajaran berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru adalah perintah agama.
2.7 menunjukkan perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
3.7 memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru.
4.7 menyajikan cara berbuat baik, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
| Perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepadaorang tua dan guru | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru
Membaca Q.S. an-Nisā/4: 36 dan Hadis terkait
Mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru
Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual
Mendiskusikan makna Q.S. an-Nisā/4:36 dan Hadis terkait
Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber
Mencari data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru
Menghubungkan perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S. an-Nisā/4: 36 dan Hadis terkait
Memaparkan hubungan antara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan seharihari dengan makna Q.S. an-Nisā/4: 36 dan Hadis terkait
Mendemontrasikan/ mensosiodramakan contoh perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru
Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan
Menyusun kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru adalah perintah agama dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat dan memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru
Tugas mencari makna Q.S. an-Nisā/4:36 dan Hadis terkait
Keterampilan
Praktik penerapan perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
Proyek/produk paparan tentang cara berbuat baik, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
Portofolio
|
1.8 meyakini bahwa beramal saleh dan berbaik sangka adalah ajaran pokok agama
2.8 memiliki sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama
3.8 memahami makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama
4.8 menyajikan contoh perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama
| Gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama | mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari.
menyimak dan membaca penjelasan mengenai gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari
membaca Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan Hadis terkait
mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama
mengajukan pertanyaan mengenai manfaat sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama
mendiskusikan makna Q.S. al-’Asr/103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan hadis terkait
secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama di sekolah dan di masyarakat
mendiskusikan manfaat yang ditimbulkan oleh sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesame dalam kehidupan sehari-hari
mendiskusikan dan merumuskan makna Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/49: 12 dan hadis terkait.
menghubungkan sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan Hadis terkait
merumuskan manfaat yang ditimbulkan oleh sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari
memaparkan rumusan makna Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan Hadis terkait
memaparkan hubungan sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan seharihari dengan makna Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan Hadis terkait
memaparkan pentingnya perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama
memaparkan manfaat yang ditimbulkan oleh sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari
menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan
menyusun kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang beramal saleh dan berbaik sangka adalah ajaran pokok agama dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat dan memahami makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama Tugas menuliskan makna Q.S. al-Asr/103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan hadis terkait
Keterampilan
Praktik penerapan sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama
Proyek/produk paparan tentang contoh perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama
Portofolio
|
1.9 melaksanakan salat sunah berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama.
2.9 menunjukkan perilaku peduli dan gotong royong sebagai implementasi pemahaman salat sunah berjamaah dan munfarid.
3.9 memahami tata cara salat sunah berjamaah dan munfarid.
4.9 mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid.
| Salat Sunah berjamaah dan munfarid | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat sunah berjamaah dan munfarid
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat sunah berjamaah dan munfarid
Membaca dan mencermati dalil naqli tentang tatacara salat sunah berjamaah dan munfarid beserta artinya
Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang terkait dengan ibadah salat sunah berjamaah dan munfarid
Mengajukan pertanyaan tentang tatacara salat sunah berjamaah dan munfarid beserta artinya
Mengajukan pertanyaan mengenai pentingnya salat sunah yang dilakukan baik secara berjamaah maupun munfarid
Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid dari berbagai media/literatur
Mengumpulkan dan mengelompokkan macam-macam salat sunah yang dikerjakan secara berjamaah maupun munfarid
Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid
Berlatih mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid
Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid menjadi paparan yang menarik
Merumuskan prosedur praktik salat sunah berjamaah dan munfarid
Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid
Mendemonstrasikan praktik salat sunah berjamaah dan munfarid
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi
Merumuskan kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang salat sunah berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku peduli dan gotong royong sebagai implementasi pemahaman salat sunah berjamaah dan munfarid dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku peduli dan gotong royong sebagai implementasi pemahaman salat sunah berjamaah dan munfariddengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan melaksanakan tata cara salat sunah berjamaah dan munfarid
Tugas mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid dari berbagai media/literatur
Keterampilan
Praktik penerapan salat sunah berjamaah dan munfarid.
Proyek/produk paparan tentang tata cara salat sunah berjamaah dan munfarid
Portofolio
|
1.10 melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama.
2.10 menunjukkan perilaku santun sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi.
3.10 memahami tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi.
4.10 mempraktikkan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
| Macam-macam Sujud | Menonton dan mencermati gambar atau tayangan yang terkait dengan tatacara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Mengamati secara langsung praktik tatacara pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Mencermati, menyimak, dan membaca kembali penjelasan tentang tatacara pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Mencermati dan membaca dalil naqli mengenai sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Mengajukan pertanyaan tentang sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Mengajukan pertanyaan terkait dengan tatacara pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Secara berkelompok menggali informasi tentang tatacara pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwidari berbagai sumber
Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Berlatih mempraktikkan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwimenjadi paparan yang menarik
Merumuskan prosedur praktik pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi
Merumuskan kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku santun sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku santun sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan melaksanakan tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Tugas mencari dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Keterampilan
Praktik penerapan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Proyek/produk paparan tentang sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Portofolio
|
1.11 menjalankan puasa wajib dan sunah sebagai perintah agama
2.11 menunjukkan perilaku empati sebagai implementasi puasa wajib dan sunah
3.11 memahami tata cara puasa wajib dan sunah
4.11 menyajikan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah
| Puasa Sunah dan Puasa Wajib | Membaca literatur yang menyajikan materi tentang puasa sunah dan puasa wajib
Mengamati gambar atau tayangan yang terkait puasa wajib dan puasa sunah melalui berbagai sumber dan media
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai ketetuan puasa wajib dan puasa sunah
Mencermati dan membaca dalil naqli puasa wajib dan puasa sunah
Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang puasa wajib
Mengajukan pertanyaan tentang puasa sunah
Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa wajib dan puasa sunah
Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa wajib dan puasa sunah
Mendiskusikan hikmah puasa wajib dan puasa sunah
Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa wajib dan puasa sunah menjadi paparan yang menarik
Merumuskan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah
Merumuskan hubungan antara ibadah puasa dengan manfaat dan hikmahnya
Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa wajib dan puasa sunah
Memaparkan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah
Memaparkan hubungan antara ibadah puasa dengan manfaat dan hikmahnya
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi
Merumuskan kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang puasa wajib dan sunah sebagai perintah agama dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku empati sebagai implementasi puasa wajib dan sunah dengan lembar penilaian diri.
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku empati sebagai implementasi puasa wajib dan sunah dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan melaksanakan tata cara puasa wajib dan sunah
Tugas mencari mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa wajib dan puasa sunah
Keterampilan
Praktik penerapan puasa sunah
Proyek/produk paparan tentang hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah
Portofolio
|
1.12 meyakini ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al-Qur’ān dan Hadis
2.12 menunjukkan perilaku hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman halal
3.12 memahami ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al-Qur’ān dan Hadis
4.12 menyajikan hikmah mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi sesuai ketentuan dengan al-Qur’ān dan Hadis
| Makanan dan minuman yang halal dan haram | Membaca dan mencermati teks yang menyajikan materi tentang makanan dan minuman yang halal dan haram
Mencermati gambar atau tayangan yang terkait makanan dan minuman yang halal dan haram
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai makanan dan minuman yang halal dan haram
Mencermati dan membaca dalil naqli tentang makanan dan minuman yang halal dan haram
Mengajukan pertanyaan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram
Mengajukan pertanyaan tentang kriteria dan jenis makanan yang diharamkan
Mengajukan pertanyaan tentang criteria dan jenis minuman yang diharamkan.
Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli dan ketentuan mengenai makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan
Mendiskusikan skema tentang jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan
Mendiskusikan manfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman yang halal
Mendiskusikan bahaya dari mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan
Mengolah data dan informasi tentang dalil naqli dan ketentuan mengenai makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan menjadi paparan yang menarik
Merumuskan skema tentang jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan
Merumuskanmanfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman yang halal
Merumuskan bahaya dari mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan
Memaparkan data dan informasi tentang dalil naqli dan ketentuan mengenai makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan
Memaparkan skema tentang jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan
Memaparkan manfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman yang halal
Memaparkan bahaya dari mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
Merumuskan kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al-Qur’ān dan Hadis dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman halal
Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam tentang perilaku hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman halal dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan melaksanakan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al-Qur’ān dan Hadis
Tugas mencari data dan informasi tentang dalil naqli dan ketentuan mengenai makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan
Keterampilan
Praktik penerapan perilaku hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman halal
Proyek/produk paparan tentang hikmah mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi sesuai ketentuan dengan al-Qur’ān dan Hadis
Portofolio
|
1.13 meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar.
2.13 menunjukkani perilaku tekun sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah.
3.13 memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah.
4.13menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah
| Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada masa Umayah | Membaca dan mencermati teks atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah
Menyaksikan film atau tayangan yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah
Mengajukan pertanyaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah.
Mengajukan pertanyaan tentang factor-faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah
Secara berkelompok mengumpulkan data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah
Mendiskusikan karya dan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah
Mengolah data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah menjadi paparan yang menarik
Merumuskan karyadan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah
Memaparkan data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umaya
Memaparkan karya dan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
Merumuskan kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai dan menghayati ajaran Islam tentang pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai dan menghayati perilaku tekun sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah
Penilaian antarteman dalam menghargai dan menghayati perilaku tekun sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah dengan lembar penilaian antarteman.
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat dan memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah
Tugas mencari karya dan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah
Keterampilan
Praktik penerapan perilaku tekun sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah
Proyek/produk paparan tentang rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah
Portofolio
|
1.14 meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar
2.14 menunjukkan perilaku gemar membaca sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Abbasiyah
3.14 memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah
4.14 menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
| Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan masa Abbasiyah | Membaca dan mencermati teks atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
Menyaksikan film atau tayangan yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
Mengajukan pertanyaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
Mengajukan pertanyaan tentang faktor-faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
Secara berkelompok mengumpulkan data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
Mendiskusikan karya dan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Abbasiyah
Mengolah data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah menjadi paparan yang menarik
Merumuskan karyadan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Abbasiyah
Memaparkan data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
Memaparkan karya dan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Abbasiyah
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi
Merumuskan kesimpulan
| Sikap
Observasi sikap dalam menghargai dan menghayati ajaran Islam tentang pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar dengan menggunakan lembar observasi.
Penilaian diri dalam menghargai dan menghayati, perilaku gemar membaca sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Abbasiyah
Penilaian antarteman dalam menghargai dan menghayati, perilaku gemar membaca sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Abbasiyah
Pengetahuan
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat dan memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah
Tugas mencari karya dan kiprah tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah
Keterampilan
Praktik penerapan perilaku gemar membaca sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Abbasiyah
Proyek/produk paparan tentang rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
|
Senin, 18 Maret 2019
Silabus PAI Kelas 8
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar